Batasi Anak Main Gadget untuk Perbanyak Amal Saleh

Posted by



KEHIDUPANanak-anak dan remaja saat ini tak dapat dipisahkan dari gadget. Sementara, sebagai seorang muslim anak-anak dan remaja masih harus banyak belajar agama dan melakukan amal saleh.
Oleh sebab itu, orangtua harus mengambil sikap untuk membatasi anak bermain gadget dan menggunakan media sosial. Sesuai bunyi surah Al-Asr : 103,  

“Sesungguhnya kita semua adalah orang yang merugi, kecuali orang-orang beriman yang mengerjakan amal saleh.”

Dari surat itu dijelaskan bahwa setiap menit begitu berharga, maka gunakanlah untuk mengerjakan amal saleh. berikut cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak mengerjakan amal saleh dan membatasi main gadget.

Perhatikan diri sendiri
Sebagai orangtua Anda harus memerhatikan dulu perilaku diri sendiri. Pertama, berapa banyak Anda memiliki media sosial, dan dalam satu hari berapa lama waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi di media sosial? Jika perilaku anak juga demikian, maka mudah untuk menghentikan mereka, yaitu mulai dari diri sendiri.

Perbanyak kegiatan ekstrakulikuler anak
Tidak punya banyak kegiatan mengakibatkan waktu habis untuk bermedia sosial. Maka, ikut sertakan anak pada kegiatan ekstrakulikuler agar mereka lebih banyak berinteraksi sosial secara nyata.


Libatkan ke kegiatan sosial
Kegiatan sosial, selain membuka jaringan berhubungan dengan banyak orang, ini juga mengikutsertakan anak beramal saleh. Sebab, dalam kegiatan itu, anak bisa menjadi relawan, membantu memberdayakan orang dengan keterampilan yang dimiliki.


ads by 300 x 250
Blog, Updated at: 19:54

0 comments:

Post a Comment